Rabu, 22 Januari 2014


Sore ini saya akan mencoba berbagi apa yang saya bagaimana membuat file Exe dan Setup pada Visual Basic. Pertama-tama mati kita download Inno Setup untuk Vb.net 2010 sekedar info saja Inno setup merupakan aplikasi untuk membuat installer pada lingkungan OS Windows.

ini link downloadnya : http://www.jrsoftware.org/isdl.php
Kemudian monggo agan2 atau aganwati2 instal Inno setup di laptop atau komputernya masing2.. jangan sampai di perangkat komputer tetangga ya .. :D
Jika sudah 

1. Pilih Create a new script file using the script wizard, kemudian akan menampilkan halaman seperti  ini :
2. Next
#Application name      : isi nama program sesuai yang agan inginkan
#application version    : keterangan version aplikasi agan.
#Aplication publisher  : keterangan pembuat aplikasi.
#Aplication website     : alamat website agan jika punya.
3. Jika sudah selesai makan pilih next.
4. Pilih  Next
 
#Application main executable file. : pilih .Exe pada folder bin/debug 
#other aplication files - add file       :pilih data pada folder debug terkecuali file .Exe
 
4. Pilih Next,
5. Pilih Next,
 
6. Pilih Next,

7. Pilih Next,
  
#Pilih tempat untuk menyimpan setup dari aplikasi agan
#pilih Icon untuk aplikasi agan
8.Pilih Next,


9. Pilih Next

10. Pilih Finish.
 
#pilih No
#Selesai
#Mudah tohh.. :)



22 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. databasenya di taro di debug.. dan lakukan langkah 4..
      tp, klau database localhost caranya sama tapi,klo error untuk PC yang tidak terdapat VB atau databasenya maka agan harus instal databasenya juga dan mengatur koneksinya lagi.. semoga membantuh :)

      Hapus
  2. itu untuk Icon Shorcut nya dimana ya disitu yang ada cuma Icon Setup nya aja.tks ya Gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dari pengaturan di programnya gan..
      edit propertis menu utama bagian "Icon" :)

      Hapus
  3. dari group mana aja nich, blogger new bie.

    BalasHapus
  4. ka kalo ada crystal reportnya gimana? dan untuk setting databasenya gimana?
    apakah bisa file .exe ini di pindahkan ke pc lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ada crystal reportnya gag ada masalah mas..
      dan setting databasenya jika database acces kan jelas ya udah dimasukkan pas tahap 4. jadi tinggal di instal .,exe aja di pc lain.
      kalo masnya pake database localhost maka masnya harus instal koneksi dan juga software databasenya contoh appserv,dll baru instal .exe yang telah masnya buat :) semoga bermanfaat :)

      Hapus
    2. mbak boleh minta solusi gak ini aku pake crystal report dan databasenya menggunakan 2 database , mysql dan microssoft acces, tapi kok setelah lakuin caara di atas, gk bisa di buka crystall reportnya, soalnya saya gunainnya untuk ngeprint..., tlong ya mbak solusinya, kirim ke email saya hafiz.akbar148@Gmail.com atau ke no. saya, nnti saya kasih oleh2 deh 082361536464 penting banget nih untuk TA saya

      Hapus
  5. Di step ke 8 kok ane ga muncul ya sisst??...
    terus pas buka tempat simpen setup juga ga ada setupnya... T____T

    BalasHapus
  6. tpi kok di instal di komputer lain kok gak bisa ya ....
    mhn pnjlsnnya..

    BalasHapus
  7. mas boleh dikirim cara buat setup database mysql ama crystal report gak ... ke email vidiqueen@gmail.com ... tks sebelumnya

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. mbak sy kirim pesan di email nya samean, tolong dibaca mbak, :)

      Hapus
  9. Crystal reportnya kok error yaah ga bisa buka buat laporan.
    Apa sekali exe bisa kebawa smua file yg ada diAplikasi yg saya buat

    BalasHapus
  10. gan... database saya pakai access.. tapi kenapa tidak bisa create,
    muncul pesan error.
    gmna solusinya gan...
    terima kasih

    BalasHapus
  11. saya dah coba macam cara mem pack setup include report dan db nya tp selalu masalah kalau ada tolong di bagi tutorial nya kirim ke xyjaykongfu@gmail.com

    BalasHapus
  12. Para Master, Untuk buat Cetak Laporan Gimana Ya di vb 2010 menggunakan Crystal Report...
    Petunjuk nya master.

    BalasHapus
  13. Para Master, Untuk buat Cetak Laporan Gimana Ya di vb 2010 menggunakan Crystal Report...
    Petunjuk nya master.

    BalasHapus
  14. Gw udah berhasil buat nya lalu kalau buat di simpan file nya gimana gk ada .exe nya
    ?

    BalasHapus